Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

Toyota Yaris Cross Resmi Diluncurkan, Segini Harganya

Toyota Yaris Cross versi hybrid menggunakan aplikasi Toyota Hybrid System (THS) dan motor listrik yang dikembangkan dengan baterai lithium-ion yang lebih kompak dan bertenaga.

toyota yaris cross
All New Toyota Yaris Cross saat acara peluncurannya.

Mobilman.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Toyota Yaris Cross di Indonesia pada Senin (15/5/2023). Mobil SUV crossover ini tersedia dalam dua varian, yaitu mesin pembakaran internal (ICE) dan hibrida.

Pabrikan Jepang ini memperkenalkan Yaris Cross dengan tema “Premier Dunia Ikon Urban Baru Toyota” di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (15/5/2023).

“Kami dengan bangga memperkenalkan Model Toyota SUV Baru. Produk ini juga tersedia dalam versi elektrifikasi,” ujar Hiroyuki Ueda, Direktur Utama PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (15/5/2023).

BACA JUGA:

Mobil baru yang dimaksud adalah All New Toyota Yaris Cross. Mobil ini dilengkapi dengan mesin bensin 1.5 liter berkode 2NR-VE yang menghasilkan tenaga sebesar 78 kW dan torsi 138 Nm. Varian bensin ini tersedia dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Sementara itu, Yaris Cross versi hibrida menggunakan mesin berkode 2NR-VEX yang menghasilkan tenaga sebesar 67 kW dan torsi 121 Nm, dengan tambahan baterai lithium-ion yang menyediakan tenaga untuk motor listrik sebesar 59 kW dan torsi 141 Nm. Varian hibrida hanya tersedia dengan transmisi CVT.

All New Yaris Cross akan diproduksi di Indonesia dengan tingkat lokalisasi sebesar 80 persen.

Sebelumnya, mobil ini telah diproduksi di Jepang dan Prancis serta dijual di pasar Eropa dan Australia sejak tahun 2020. Mobil ini dirancang menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B yang juga digunakan pada generasi baru Sienta dan Yaris untuk pasar Eropa.

Di Indonesia, mobil ini akan menjadi pesaing bagi Honda HR-V dan Mazda CX-3.

toyota yaris cross

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, menjelaskan bahwa Yaris Cross akan dijual dengan harga di bawah Rp 500 juta. Mobil ini akan bersaing di segmen medium SUV.

“Detail informasi terkait penjualan dan harganya akan diumumkan nanti. Namun, kisarannya berkisar antara Rp 300 jutaan hingga Rp 400 jutaan,” ujar Henry Tanoto.

Seorang tenaga penjual di dealer Toyota sempat membocorkan perkiraan harga jual Toyota Yaris Cross untuk dua varian, yaitu varian bensin dan varian hibrida.

Untuk varian konvensional, terdapat empat varian yang diperkirakan dijual dengan harga antara Rp 350 juta hingga Rp 416 juta. Sementara itu, varian hibrida memiliki dua tipe dengan perkiraan harga Rp 450 juta dan Rp 460 juta.

Spesifikasi All New Toyota Yaris Cross

Secara tampilan, grille depan Yaris Cross mengadopsi desain dari saudaranya, Toyota Corolla Cross Hybrid, dengan bentuk trapesium dan list krom.

Toyota Yaris Cross generasi terbaru memiliki dimensi sebagai berikut: panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Dengan tinggi rocker panel mencapai 260 mm, SUV perkotaan ini dapat digunakan untuk kegiatan wisata di pantai atau pegunungan.

toyota yaris cross

Dilengkapi dengan overhang depan-belakang yang sempit, Yaris Cross ini memiliki approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat, sehingga mampu mengatasi berbagai kondisi jalan dengan keamanan yang tinggi.

BACA JUGA:

Radius putarnya sebesar 5,2 meter, memungkinkan SUV ini untuk dengan mudah melakukan manuver di area terbatas seperti putaran balik atau tempat parkir.

All New Yaris Cross memiliki berbagai advance safety features. Sebut saja Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

toyota yaris cross

Fitur Panoramic View Monitor di Toyota Yaris Cross juga hadir untuk memberi bantuan pandangan yang menyeluruh ketika berkendara.

Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch melengkapi fitur All-New Yaris Cross.

Sistem Hybrid Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross menggunakan aplikasi Toyota Hybrid System (THS) dan motor listrik yang dikembangkan dengan baterai lithium-ion yang lebih kompak dan bertenaga, Toyota memberikan lini performa yang semakin kuat dan intuitif, sambil tetap hemat bensin, hening, dan ramah lingkungan.

Tersedia mode EV yang memungkinkan Anda merasakan langsung keunikan karakter berkendara mobil listrik murni yang senyap, responsif, dan tanpa emisi.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:

Toyota menjadi yang pertama di Indonesia dalam menggunakan jenis baterai Lithium-Ion pada Hybrid EV mereka. Keunggulannya, baterai ini lebih tahan terhadap suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak.

Dengan penempatan baterai hybrid di bawah bangku penumpang belakang, kapasitas bagasi atau kabin penumpang tidak terpengaruh.

Posisi baterai yang dipilih di bawah dek ini juga berkontribusi untuk meningkatkan handling mobil dan membantu menurunkan pusat gravitasi kendaraan sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang semakin menyenangkan.

Ikuti berita otomotif dari Mobilman.id yang paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

mobil listrik neta mobil listrik neta

Mobil Listrik Neta Berlogo Mirip Esemka Siap Jualan di Indonesia

Mobil Baru

mobil china mobil china

Mobil China Baru akan Banjiri GIIAS 2023, Ini Mereknya

Mobil Baru

seres e1 seres e1

Mobil Listrik SERES E1 Bakal Lebih Murah dari Wuling Air EV?

Mobil Baru

honda wr-v manual honda wr-v manual

Honda WR-V Manual 6 Speed Diluncurkan, Segini Harganya

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru