Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

Toyota RAV4 PHEV Bakal Dijual, Ini Prediksi Harganya

Toyota RAV4 PHEV telah diperkenalkan pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, pengunjung dapat mencoba duduk di dalam interiornya.

toyota rav4
Toyota RAV4 PHEV yang dipajang di GJAW 2023 (FOTO: Danang)

Mobilman.id – Toyota akan merilis Toyota RAV4 GR Sport Plug-in Hybrid Electric Vehicles (PHEV) tahun ini di Indonesia. RAV4 ditempatkan sebagai bagian dari line up kendaraan hybrid baru yang ramah lingkungan.

Model Toyota RAV4 GR Sport PHEV merupakan mobil bergaya SUV yang telah diluncurkan di pasar Jepang dan Eropa. Varian yang akan dibawa ke Indonesia adalah model tertinggi.

Mobil ini telah diperkenalkan pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, di mana pengunjung dapat mencoba duduk di dalam interiornya.

“Untuk pertama kalinya di GJAW 2023 ini, kami menghadirkan All New RAV4 GR Sport PHEV, untuk menguatkan komitmen kami dalam mendukung target penurunan emisi karbon,” kata Presiden Direktur PT TAM, Hiroyuki Ueda beberapa waktu lalu di GJAW 2023, Senayan, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:

Namun, Toyota belum menjual mobil ini di Indonesia. “Belum dijual, RAV4-nya baru diperkenalkan saja untuk saat ini,” kata salah satu tenaga penjual Toyota di GJAW 2023.

Menurut bocoran tentang unit dan harga, RAV4 ini masih diimpor secara CBU dari Jepang dan harganya lebih mahal daripada Innova Zenix Q Hybrid, tetapi masih di bawah angka Rp 1 miliar.

“Kami memilih yang Plug-in Hybrid dan juga masuk dalam lini GR Sport,” kata Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

CBU dari Jepang, untuk harganya belum diputuskan, tapi akan di atas Innova Zenix Hybrid, masih di bawah Rp 1 miliar.

RAV4 GR Sport PHEV merupakan SUV 5-seater yang tampil lebih sporty dan gagah dengan embel-embel GR Sport. Badge GR khas Toyota tersembunyi pada area grille depan dan pintu belakang.

Untuk mempertegas kesan tangguh, Toyota RAV4 GR Sport dilengkapi dengan velg sporty berukuran 19 inci.

toyota rav4

Toyota RAV4 GR Sport PHEV juga mengadopsi styling khas GR yang sporty. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan fitur semi otonom Toyota Safety Sense (TSS) 2.0, yang juga terdapat pada Corolla Altis dan Camry.

Mesin Toyota RAV4

Mesin Hybrid Dynamic Force berkode A25A-FXS 2.500 cc 4 silinder dengan intake valve berteknologi VVT-ie dan exhaust valve berteknologi VVT-i terpasang di balik bonet Toyota RAV4 PHEV.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 136 kW pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 227 Nm pada 3.200 – 3.700 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi CVT.

RAV4 GR Sport PHEV juga dilengkapi dengan sistem penggerak Intelligent All Wheel Drive (AWD-i) E-Four.

Toyota mengklaim bahwa sistem tersebut dapat memberikan konsumsi bensin lebih baik di jalan perkotaan, performa lebih senyap pada kecepatan tinggi, dan traksi yang lebih membantu di jalan licin.

Selain itu, kombinasi AWD-i E-Four, dapat membuat engine lebih kompak dan mampu menekan konsumsi BBM.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:

Seperti mobil listrik pada umumnya, baterai yang dimiliki oleh RAV4 GR Sport PHEV mendukung pengisian ulang baik secara AC maupun DC.

Menurut keterangan resmi dari Toyota, RAV4 GR Sport PHEV memiliki fitur EV Mode yang memungkinkan mobil hanya menggunakan motor listrik untuk melaju dan mampu menempuh jarak hingga lebih dari 65 km (42 EV miles) dalam sekali pengisian.

Sementara itu, harganya dipastikan lebih tinggi dari Innova Zenix Hybrid yang saat ini dijual dengan rentang harga Rp 458 juta hingga Rp 614 juta.

Sebagai perbandingan, RAV4 PHEV sudah dijual di Irlandia dengan harga 54.170 Euro atau sekitar Rp 859 jutaan (dengan kurs 1 Euro = Rp 16.537).

BACA JUGA:

Di Jepang, mobil ini dijual dengan harga mulai dari 4.690.000 Yen hingga 5.390.000 Yen atau sekitar Rp 536 juta hingga Rp 616 jutaan (dengan kurs 1 yen = Rp 114).

Untuk diketahui, Toyota RAV4 sebenarnya sudah ada sejak tahun 1994 lalu. Dan mobil ini sudah keluar dalam 5 generasi.

Generasi pertama diberi kode XA10 muncul tahun 1994, generasi kedua XA20 keluar tahun 2000, generasi ketiga berkode XA30 pada tahun 2005. Lalu generasi keempat kodenya XA40 muncul tahun 2012 dan generasi kelima XA50 muncul 2018.

Ikuti berita otomotif dari Mobilman.id yang paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

asean ncap asean ncap

15 Mobil Ini Raih 5 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP

Regulasi

new agya new agya

All New Agya Harganya Lebih Mahal, Ini Alasannya

Mobil Baru

all new toyota agya all new toyota agya

All New Toyota Agya Meluncur, Begini Bentuknya

Mobil Baru

pengendara toyota fortuner pengendara toyota fortuner

Pengendara Toyota Fortuner Dikomentari Chef Arnold, Ini Katanya

Berita

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru