Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

Tes Tabrak Hyundai Stargazer, Begini Hasilnya

ASEAN NCAP melakukan tes tabrak Hyundai Stargazer yang diproduksi dari Indonesia. Hasilnya bahwa Stargazer masih dapat ditingkatkan lagi keamanannya.

tes tabrak hyundai stargazer
Test tabrak Hyundai Stargzer oleh ASEAN NCAP (FOTO: ASEAN NCAP)

Mobilman – Tes tabrak Hyundai Stargazer baru saja dilaksanakan. Hasilnya? mobil ini hanya mampu mendapatkan empat bintang dengan skor 66,48 poin. Tes tabrak ini dilakukan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP).

Disebutkan bahwa Stargazer masih dapat ditingkatkan lagi keamanannya. Khususnya, dari segi perlindungan penumpang dewasa alias Adult Occupant Protection (AOP).

Laporan dari tes tabrak Hyundai Stargazer menyebutkan bahwa pengemudi bisa mengalami cedera pada dada dan kaki kanan jika terjadi kecelakaan tabrakan dari depan.

tes tabrak hyundai stargazer

Sedangkan untuk kecelakaan tabrakan dari samping, Stargazer hanya bisa memberikan perlindungan maksimal pada dada dari pengemudi.

Dengan 40 persen pengetesan difokuskan pada AOP, Stargazer mendapatkan nilai 31,21 dari 40. Sedangkan untuk penumpang anak kecil, nilainya juga tidak tinggi, yakni 14,48 dari 20.

BACA JUGA:

Untuk fitur bantuan keamanan standar, ASEAN NCAP juga hanya memberikan nilai 12,04 dari 20. Low multi purpose vehicle (LMPV) ini juga mendapat nilai rendah terkait keamanan untuk pengendara motor, yakni nilainya 7 dari 20.

Jadi, secara keseluruhan, tes tabrak Hyundai Stagazer hanya mendapatkan nilai 66,48 dari 100. Sehingga, penilaiannya hanya mendapatkan bintang empat.

Sebenarnya ada dua mobil Hyundai yang diuji ASEAN NCAP, yakni Hyundai Creta dan Stargazer.

Creta meraih hasil cukup baik dengan hasil lima bintang dan 75,78 poin. Sementara Stargazer hanya mendapatkan empat bintang dengan total perolehan skor 66,48 poin.

Sekadar informasi, Stargazer yang diuji bukanlah varian tertinggi melainkan varian Active. Di jajaran model Hyundai Stargazer, varian Active merupakan yang terendah.

Meski begitu, Hyundai telah membekali Stargazer varian Active yang diuji tersebut dengan sejumlah fitur keamanan seperti 2 airbag, ABS, Seat Belt Reminder di baris depan, Isofix di kompartemen belakang, serta teknologi Pedestrian Protection.

Fitur Keamanan Stargazer

Bicara fitur, Hyundai Stargazer fitur varian Active memang tidak sebanyak pada Prime. Dalam lembar spesifikasi Hyundai, Stargazer dilengkapi oleh ABS, Emergency Stop Signal, 2 Airbag, Isofix, hingga Seat Belt Reminder.

Fitur berbasis radar yang tergabung dalam Hyundai Smartsense juga absen dalam Stargazer varian Active tersebut.

Di Thailand, varian Active tersebut sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control sebagai standar bersama dengan fitur lain seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Warning, dan Lane Keeping Asssist sebagai standar.

Lalu ada juga fitur lain yang ditawarkan seperti Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Blind Spot Detection, serta Auto High Beam sebagai opsi di beberapa varian.

BACA JUGA:

Dari deretan fitur yang disajikan, Hyundai Stargazer mampu memberikan perlindungan terhadap penumpang dewasa dengan torehan 31.21 poin, perlindungan anak 14.48 poin, perangkat keamanan 12.04 poin, dan 8.75 poin untuk keamanan pengendara motor. Secara keseluruhan, dengan nilai tersebut Stargazer mendapatkan empat bintang.

MOBIL BEKAS DIJUAL:

Model yang diuji tersebut adalah buatan Indonesia yang dipasarkan di Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Harga Hyundai Stargazer

Berikut ini kami lampirkan juga harga Hyundai Stargazer terbaru yang didapatkan dari berbagai sumber:

  • Active MT: Rp 243.300.000
  • Active IVT: Rp 255.900.000
  • Trend MT: Rp 263.300.000
  • Trend IVT: Rp 275.900.000
  • Style: Rp 296.300.000
  • Prime: Rp 307.100.000

Ikuti berita Mobilman paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

perodua axia perodua axia

Perodua Axia Meluncur, Bakal Mirip Ayla Indo?

Mobil Baru

daihatsu ayla turbo daihatsu ayla turbo

Daihatsu Ayla Turbo akan Dijual Resmi di Indonesia?

Mobil Baru

subsidi kendaraan listrik subsidi kendaraan listrik

Subsidi Kendaraan Listrik Sudah Fix! Begini Kata Pemerintah

Regulasi

hyundai ioniq electric hyundai ioniq electric

Hyundai Ioniq Electric Berhenti Dijual, Ini Alasannya

Berita

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru