Connect with us

Subscribe

Mobil Bekas

Rekomendasi Mobil Bekas Rp 30 Juta Paling Menarik

Mobilman – Bagi Anda yang memiliki budget untuk membeli mobil secara cash, inilah rekomendasi 5 mobil yang menarik.

Mobilman – Bagi Anda yang memiliki budget untuk membeli mobil secara cash tapi masih di bawah Rp 50 juta, tenang, Anda masih bisa membeli mobil. Inilah rekomendasi 5 mobil bekas Rp 30 juta yang menarik untuk dimiliki.

Suzuki Esteem

Sedan kompak ini pertama kali meluncur pada tahun 1991.

Suzuki Esteem merupakan versi sedan dari Suzuki Amenity. Bedanya, Suzuki Esteem terus dijual hingga tahun 1996, sedangkan Amenity hanya dijual hingga tahun 1993.

Setelahnya, jejak Suzuki Esteem dilanjutkan Suzuki Baleno.

Saat itu, Suzuki Esteem masuk ke dalam kelas sedan kompak, dan bersaing mobil sekelas seperti Mazda Lantis, Daihatsu Charade Classy, dan Honda Civic Genio.

Baca Juga:

Suzuki Esteem memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin berkode G13A dengan kapasitas 1.300 cc dan mesin berkode G16B dengan kapasitas 1.600 cc yang masih menggunakan karburator.

Berbeda dengan Suzuki Esteem GT yang menggunakan mesin 1.6 yang sudah injeksi.

Mesin yang digunakan Suzuki Esteem dikenal memiliki konsumsi BBM yang irit.

Dari segi tampilan, Suzuki Esteem memiliki bentuk bodi yang cenderung mengotak, karena memiliki basis yang sama dengan Amenity. Bodi mobil ini juga dikenal memiliki plat yang tebal.

Tampilan tersebut menjadi pembeda dari pesaingnya yang sudah mengadopsi bentuk bodi yang agak membulat.

Masuk ke dalam interior, fitur yang dihadirkan sebenarnya cukup maju, seperti power steering, power window, dan electric mirror.

Leg room dan head room yang ditawarkan pun cukup luas untuk ukuran sebuah sedan.

Mazda 323 Interplay

Mobil bekas Rp 30 juta kedua adalah Mazda 323 Interplay. Dari segi body, mobil ini sebenarnya masuk ke kelas sedan medium atau subkompak dan bersaing dengan Daihatsu Charade Sedan, Honda Grand Civic, ataupun Toyota Corolla Twincam.

Mazda 323 Interplay pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 dan bertahan hingga tahun 1994, dan dilanjutkan oleh 323 Lantis.

Mazda 323 Interplay menggunakan mesin berkapasitas 1.600 cc karburator SOHC.

Mesin ini dikenal sebagai mesin yang irit, walaupun mobil memiliki kapasitas tangki yang cukup besar.

Salah satu daya tarik mobil ini terletak di dalam kabin, tepatnya di bagian speedometer.

RATUSAN MOBIL BEKAS DIJUAL, KLIK DIBAWAH:

Di tahun tersebut, Mazda 323 Interplay sudah dilengkapi dengan speedometer digital. Bahkan, odometer dan instrumen kapasitas bahan bakar pun juga sudah digital.

Namun di beberapa tipe tertentu masih ada yang menggunakan speedometer analog.

Selain itu, salah satu nilai plus dari 323 Interplay jika dibandingkan dengan pesaingnya adalah kabin yang kedap serta handling yang oke, walaupun tenaga mesin memang terasa agak kurang.

Selayaknya sebuah sedan, duduk di baris kedua pun terasa nyaman walaupun dimensi dari 323 Interplay tidak begitu besar.

Mitsubishi Eterna

 Berbeda dengan dua mobil sebelumnya, Mitsubishi Eterna merupakan sedan besar yang pertama kali dijual pada tahun 1989 dan bertahan hingga tahun 1993.

Saat itu, Mitsubishi Eterna bersaing dengan Honda Maestro (Accord) di kelas sedan besar.

Secara garis besar, Mitsubishi Eterna dibagi menjadi dua tipe pilihan mesin, yaitu mesin SOHC karburator dan mesin DOHC GTi (injeksi).

Dari segi tampilan, Mitsubishi Eterna terlihat lebih sporty dibandingkan pesaingnya, tampilannya juga masih terlihat awet hingga saat ini.

 Bahkan, Mitsubishi Eterna tipe GTi dikenal sebagai mobil sleeper alias mobil yang memiliki tenaga buas, walaupun tampilannya tidak memperlihatkan demikian.

Mesin Mitsubishi Eterna berkapasitas 2.000 cc. Untuk tipe SOHC, tenaga mesin tersebut dapat mencapai 95 Hp, dan tipe DOHC GTi dapat menghasilkan tenaga mencapai 144 Hp.

Memang mobil ini dikenal sebagai big sedan dengan tenaga yang besar pada masanya.

Saat masuk ke dalam kabin, salah satu hal yang cukup menarik adalah kenyamanan yang ditawarkan, khususnya untuk penumpang di belakang.

Walau termasuk ke sedan besar, mobil ini tetap asyik diajak bermanuver.

Daihatsu Espass

Selain model sedan, mobil MPV juga menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Dari sekian banyak mobil, Daihatsu Espass generasi kedua atau Neo Zebra adalah salah satu mobil MPV dengan harga yang terjangkau.

Daihatsu Espass memiliki banyak keunggulan, seperti biaya servis terjangkau, konsumsi BBM yang irit, serta ruang yang lapang.

Selain dapat digunakan sebagai kendaraan keluarga, Daihatsu Espass juga sangat cocok untuk jadi kendaraan niaga, misal mengangkut barang dengan memanfaatkan ruang yang lapang.

Daihatsu Espass terdiri dari beberapa tipe dan pilihan mesin, mulai dari mesin 1.3, 1.5, dan 1.6.

Dengan budget 30 jutaan, dapat membeli Daihatsu Espass mulai dari tipe ZL, ZSX, hingga ZL Extra.

Peugeot 306

Jika ingin membeli mobil dari pabrikan eropa, Peugeot 306 (Prancis) bisa jadi pilihan yang menarik dengan budget sekitar 30 jutaan.

Peugeot 306 ini sebenarnya cocok untuk dimiliki baik sebagai mobil kolektor ataupun mobil sehari-hari. Namun dengan catatan, jika dipakai sehari-hari, harus lebih jeli saat memilih unit dan juga lebih memperhatikan perawatannya.

Pertama kali dirilis pada tahun 1994, Peugeot 306 tampil sebagai sedan yang memiliki aura sporty sekaligus mewah.

Begitu juga saat masuk  ke dalam kabin. Seperti kebanyakan mobil eropa kesan eksklusif dan nyaman menjadi nilai jual di mobil ini.

Karena dimensinya yang kompak, banyak yang menyukai handling yang ditawarkan oleh Peugeot 306. Bersama dengan 206, mobil ini menjadi ikon Peugeot di Indonesia pada saat itu.

Umumnya, Peugeot 306 menggunakan mesin berkapasitas 1.800 cc. Namun terdapat beberapa pilihan mesin mulai dari kapasitas 1.4, 1.6, 1.8, 1.9, dan 2.0.

Mesin ini dikenal memiliki tenaga yang pas, tidak berlebihan namun juga tidak under power.

Nah jika berminat untuk membeli mobil ini, kami sarankan untuk menyiapkan budget extra untuk memperbaiki beberapa parts, utamanya di bagian kaki-kaki.

Namun secara keseluruhan, Peugeot 306 akan memberikan kenyaman serta keasyikan berkendara dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah rekomendasi kami untuk mobil bekas Rp 30 juta yang masih menarik untuk dimiliki. Namun perlu diingat, rekomendasi ini dibuat pada Augustus 2022. Bisa jadi di waktu kedepan berubah lagi.

Baca Juga:

Written By

Penulis artikel asal Jakarta. Menyukai dunia menulis dan mobil sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

Trending

Dari Holden Torana ke BYD E6, Ini Sejarah Taksi Blue Bird

Berita

Ini Daftar Harga Mobil LCGC pada Agustus 2022

Mobil Baru

260 Jutaan Bisa Beli Stargazer, Ini Kelengkapannya

Mobil Baru

Wuling Xing Chi Kedapatan Tes Jalan di Indonesia, Masuk Pakai Nama Alvez

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru