Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

Mobil Listrik ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam

Mobil listrik ITS ini diberi nama MEvITS, singkatan dari Multipurpose Electric Vehicle ITS. Mobil listrik pikap ini bisa melaju jauh hanya dengan sekali ngecas.

mobil listrik ITS
Mobil listrik MEvITS (Multipurpose Electric Vehicle ITS)

Mobilman – Mobil listrik ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) akhirnya muncul. Mobil listrik ini diberi nama MEvITS, singkatan dari Multipurpose Electric Vehicle ITS.

Mobil listrik pikap ini bisa melaju jauh hanya dengan sekali ngecas. ITS Surabaya merilis mobil listrik multiguna, Minggu (27/11/2022).

Menurut Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng, MEvITS dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Ia mengklaim desainnya elegan dan menarik dengan hanya waktu 6 bulan pembuatan.

Bagi dia hal tersebut yang membuat MEvITS tak hanya cocok mengangkut barang, melainkan juga digunakan sebagai mobil penumpang.

“Kami bekerja sama dengan beberapa startup ITS, MEvITS menjadi suatu mobil listrik berkonsep pickup yang tangguh, hemat energi, elegan, serta stylish,” kata Eng mengutip keterangan ITS, Senin (28/11/2022).

mobil listrik ITS

ITS baru mengurai jika mobil listrik ini didesain berpenggerak motor listrik 10 kW, kapasitas baterai 20 kWh serta mampu melaju hingga 100 kilometer per jam. Mobil ini diakui dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dengan satu kali pengisian baterai.

MEvITS diharapkan dapat dijangkau masyarakat luas karena akan dijual dengan harga “murah” atau di bawah mobil listrik lain di Indonesia.

BACA JUGA:

“Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar,” kata Eng.

Dengan bobot total 850 kilogram, mobil listrik ITS ini mampu mengangkut muatan hingga 500 Kg. Memakan biaya produksi berkisar 350 juta, Harus mengaku masih melakukan impor beberapa komponen seperti baterai.

“Struktur dan body ini kita desain khusus pakai struktur ringan rangka atap gitu. Kita desain sedemikian rupa sehingga dia kuat,” ujar Prof Harus.

MOBIL BEKAS DIJUAL:

“Semuanya produk lokal, tapi ada impor seperti baterai kita masih ambil, kita bisa bikin tapi tidak bisa berfungsi maksimal dan ongkos produksinya mahal, budgetnya minim ini terbatas habis Rp 350 jutaan, di luar jasa analis, reset, dan lain-lain. Mobil listrik ini yang mahal di motor listrik dan baterai. Motor listriknya 15-20 juta, baterainya 60 jutaan,” tambahnya.

Mobil Listrik ITS Masih Disempurnakan

Kepala Departemen Teknik Mesin ITS Atok Setyawan menambahkan saat ini mobil yang memiliki daya 20 kWh tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Belum terdengar rencana perusahaan ingin memproduksi massal agar mobil dapat dijual.

“Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat,” tutup Atok.

BACA JUGA:

Peluncuran mobil listrik ITS MPV MEvITS karya sivitas akademika ITS tersebut dilakukan bersamaan dengan perhelatan tahunan temu alumni Teknik Mesin ITS yang bertajuk “Pulang Bengkel”. Peluncuran pun disaksikan oleh alumni Teknik Mesin dari berbagai angkatan.

Ikuti berita Mobilman paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

tesla model 2 tesla model 2

Tesla Model 2 akan Dijual Seharga Rp 300 Jutaan Tahun Depan

Mobil Baru

geely panda ev geely panda ev

Geely Panda EV Dijual Rp 89 Juta, Jadi Pesaing Wuling

Mobil Baru

subsidi kendaraan listrik subsidi kendaraan listrik

Subsidi Kendaraan Listrik Sudah Fix! Begini Kata Pemerintah

Regulasi

Tesla akan Bangun Pabrik Tesla akan Bangun Pabrik

Luhut Yakin Tesla akan Bangun Pabrik di Indonesia

Berita

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru