Twitter / McLarenF1
Mobilman – Pada hari Jumat (11/2/22) kemarin, tim McLaren resmi memperkenalkan generasi terbaru mobil F1 mereka yang bernama MCL36.
McLaren menjadi tim F1 keempat yang merilis mobil balap terbaru, menyusul tim asal Inggris lainnya yaitu Aston Martin.
Namun secara bersamaan McLaren menjadi tim F1 kedua yang langsung memamerkan bentuk asli jet darat mereka, sama dengan Aston Martin.
All-out attack in 2022. 👊 @ArrowMcLarenSP @McLarenXE @McLarenShadow#FearlesslyForward pic.twitter.com/218LSWrTDS
— McLaren (@McLarenF1) February 11, 2022
Yang menarik, mereka tidak hanya memperkenalkan mobil F1 terbaru.
Di acara yang sama, McLaren sekaligus memperlihatkan mobil balap terbaru mereka dalam ajang balap IndyCar, eSports, dan Extreme E.
Keempat mobil yang dipamerkan sama-sama menggunakan warna kebesarannya, Fluro Papaya.
Khusus untuk MCL36, warna oranye papaya khas McLaren tersebut berpadu dengan warna hitam dan New Blue.
Yang menarik perhatian tentu saja ada pada aksen New Blue.
Warna tersebut tidak asing lagi untuk mobil McLaren.
New Blue merupakan warna dominan pada livery Gulf yang legendaris, livery yang pernah digunakan kembali oleh McLaren pada GP Monaco musim 2021.
Baca juga:
Selain warna biru, adanya kombinasi warna hitam di beberapa titik membuat mobil ini tampil lebih elegan.
Dari bagian depan, terlihat bahwa hidung dari MCL36 terlihat lebih ramping dibanding mobil konsep FIA, cenderung mirip dengan Aston Martin.
Namun perbedaan dengan Aston Martin terletak di bagian front wing.
Pada bagian front wing MCL36 terlihat lebih ‘normal’ dibanding AMR22 yang cukup tinggi.
Lalu pada desain suspensi, terlihat MCL36 menggunakan suspensi tipe pull-rod.
Penggunaan suspensi pull-rod menambah daya gravitasi serta membantu aliran angin lebih mudah masuk ke side pod dan ground effect.

Pada bagian body MCL36, jika dilihat dari atas, bagian side pod dan engine cover MCL36 terlihat menggembung, lalu menyempit di area belakang.
Kemungkinan McLaren ingin mengalirkan angin dari arah atas side pod
Lalu pada bagian air inlet side pod, bentuknya sedikit lebih besar dibanding mobil konsep.
Lalu di atas kokpit atau tepatnya di air box, terlihat bentuknya sedikit ‘menonjol’.
Lanjut ke area belakang mobil, ada yang menarik di bagian suspensi belakang MCL36.
Terlihat kalau McLaren memilih menggunakan suspensi tipe push-rod di bagian belakang.
Pada bagian diffuser juga masih dirahasiakan oleh McLaren.
Mobil MCL36 ini didesain oleh Technical Director James Key dan diproduksi oleh tim McLaren yang berlokasi di Woking.
Tim tersebut dikepalai oleh Operations Director Piers Thynne.
MCL36 masih akan menggunakan mesin dari Mercedes, yaitu mesin Mercedes-AMG F1 M13 E yang dikombinasikan dengan gearbox dari Mercedes.
Untuk bersaing di Formula 1 musim 2022, CEO McLaren Zak memilih untuk realistis, bahwa kemungkinan besar McLaren belum bisa bersaing dalam perebutan gelar juara dunia F1.
“Saya pikir sangat bagus kami dengan meraih kemenangan pertama kami pada 2021. Namun, kami harus berhati-hati untuk tidak menaikkan ekspektasi kami ke tingkat yang tidak realistis,” ujar Brown.
Walaupun begitu, Brown tetap ingin timnya bersaing dengan garis depan, namun tetap tidak ingin menaikkan ekspektasi terlalu tinggi.
McLaren akan tetap diperkuat oleh Daniel Ricciardo dan Lando Norris yang baru saja memperpanjang kontraknya sampai 2025.
Red Bull Racing Resmi Perkenalkan RB18

Penulis artikel asal Jakarta. Menyukai dunia menulis dan mobil sejak duduk di bangku sekolah dasar.
