Connect with us

Subscribe

Berita

Luhut Yakin Tesla akan Bangun Pabrik di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bahkan semakin percaya diri Tesla akan bangun pabrik di Indonesia.

Tesla akan Bangun Pabrik
Pabrik mobil listrik Tesla. (FOTO: Reuters)

Mobilman – Perundingan terkait Tesla akan bangun pabrik di Indonesia hingga saat ini masih berjalan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bahkan semakin percaya diri Tesla akan bangun pabrik di Indonesia.

Meskipun begitu, diskusi ini masih bersifat rahasia atau Non-Disclosure Agreement (NDA).

“Saya memang masih NDA sama mereka, saya enggak boleh cerita sama kalian bapak ibu sekalian apa yang sedang mau kita finalkan dengan mereka. Tapi saya yakin, hakul yakin mereka pasti akan datang ke kita,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Lanjut Luhut, pihaknya memang sudah banyak berbicara dengan para petinggi Tesla terkait keuntungan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

“Makanya Tesla besok kita bicara lagi sama mereka. Kita lihat mereka mau lari ke mana, tadi materialnya ada di kita, cost kita lebih murah,” ungkap dia.

BACA JUGA:

“Kita bisa 5 cent per kWh harga listrik, transportasi dari raw material USD 2, dia bawa ke China USD 15-20, harga listrik 10-12 cent. Siapa yang bisa lawan kita?” tegas Luhut.

Luhut Binsar Pandjaitan yakin betul Tesla akan bangun pabrik di Indonesia. Apalagi, Luhut menjanjikan kepada Tesla jika membuat pabrik di Indonesia pasti untung.

“Market kita besar. Di mana kalian melawan kami. Kami kelas menengah 60 juta (orang), penduduk kami 280 juta (orang), kalian di Thailand berapa sih. Jadi market size aja kita udah lebih besar. Jadi kita harus agak sombong dikit gitu, dan pede,” ungkap Luhut.

MOBIL BEKAS DIJUAL:

Dia bilang, ekspor mobil dari Indonesia juga bisa naik. Hal itu yang menjadi modal Indonesia untuk merayu investor.

“Juga ekspor mobil Indonesia juga akan bisa naik. Jadi kalau kau bikin pabrik di sini–saya bilang sama Tesla–kalau bikin pabrik di sini kau pasti naik ini. Nggak ada yang nggak naik,” ucap Luhut.

Lebih lanjut, Luhut juga mengaku telah banyak bicara dengan pabrikan kendaraan roda empat lainnya untuk membangun ekosistem mobil listrik berbasis baterai. CATL pun telah berkomitmen investasi US$35 miliar demi membangun ekosistem baterai listrik.

“Kita juga diskusi dengan Ford, VW, Bast, jadi jangan bapak ibu sebut kita diatur oleh china tidak, betul awal-awal itu saya lihat Tiongkok yang paling bisa diajak ngomong untuk dia investasi, tapi setelah sekarang orang lihat kita, kita bangun industrinya, kita ajak yang lain semua lari ke kita,” ungkap Luhut.

Tesla akan Bangun Pabrik

Sebelumnya ada isu Tesla akan bangun pabrik di wilayah Batang, Jawa Tengah. Namun sampai saat ini, pemerintah masih berdiskusi dengan Tesla terkait pembangunan pabrik di Indonesia.

BACA JUGA:

Sejak pertemuan delegasi Indonesia di pabrik Tesla pada 26 April lalu, Pihak Kemenko Marves dan tim dari Tesla yang ditunjuk oleh Elon Musk terus melakukan negosiasi secara intensif untuk merumuskan berbagai hal terkait detail formula investasi yang akan dipakai.

Namun, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan mobil listrik asal Amerika itu.

Ikuti berita Mobilman paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

tesla model 2 tesla model 2

Tesla Model 2 akan Dijual Seharga Rp 300 Jutaan Tahun Depan

Mobil Baru

geely panda ev geely panda ev

Geely Panda EV Dijual Rp 89 Juta, Jadi Pesaing Wuling

Mobil Baru

subsidi kendaraan listrik subsidi kendaraan listrik

Subsidi Kendaraan Listrik Sudah Fix! Begini Kata Pemerintah

Regulasi

mobil listrik ITS mobil listrik ITS

Mobil Listrik ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru