Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

Konsumsi BBM Toyota Innova Zenix 21 KM/Liter

Tak hanya konsumsi BBM Toyota Innova Zenix lebih irit, Toyota juga mengklaim bahwa Innova Zenix EV Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi gas buang hingga 50%.

BBM Toyota Innova Zenix
Mobil keluarga Toyota Kijang Innova Zenix (FOTO: Ist)

Mobilman – Konsumsi BBM Toyota Innova Zenix diklaim mampu tembus 21 KM/liter. Hal ini rupanya sudah dites di India.

Sebagai informasi, Toyota di India baru saja meluncurkan Innova Hycross. Mobil ini kurang lebih sama dengan Kijang Innova Zenix yang meluncur lebih dulu di Indonesia beberapa waktu lalu.

Secara spesifikasi pun sama. Toyota menawarkan Innova Hycross dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan mesin bensin hybrid 2.000 cc.

BBM Toyota Innova Zenix

Di India, Toyota mengaku konsumsi bahan bakar Innova Hycross bisa mencapai lebih dari 20 km/liter. Disebutkan, angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 21,1 km/liter. Hal itu berdasarkan pengujian sesuai aturan di India.

Baca Juga:

Sementara di Indonesia kurang lebih juga sama. Toyota mengatakan, konsumsi bahan bakar Kijang Innova Zenix lebih irit 50% dibanding generasi sebelumnya.

Tak hanya konsumsi BBM Toyota Innova Zenix lebih irit, Toyota juga mengklaim bahwa Innova Zenix EV Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi gas buang hingga 50%.

“Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter banding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di Jakarta (21/11/2022).

BBM Toyota Innova Zenix

“Apalagi yang hybrid 1 liter banding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel,” tambah Anton.

Sebagai informasi, Toyota Innova Zenix yang meluncur pada 21 November 2022 di Jakarta, memliki dua pilihan konfigurasi mesin: bensin dan hybrid.

Untuk versi hybrid berkode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan tenaga maksimal 152 PS pada 6.000 rpm.

Sementara untuk motor elektriknya bisa melontarkan torsi puncak 206 Nm dan tenaga 113 PS. Klaim pabrikan, total kalau dikombinasikan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 186 PS.

Baca Juga:

Sedangkan Toyota Innova Zenix mesin bensin, jantung mekanisnya berkode M20A-FKS dengan kubikasi 1.987.

Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm dan tenaga maksimal 174 PS pada 6.600 rpm. Untuk daya jelajah klaim pabrikan, versi bensi Innova bensin mencapai 15 Km/liter, sedangkan versi hybird, konsumsi BBM Toyota Innova Zenix 21 km/liter.

Kekurangan Toyota Kijang Innova Zenix

  1. Harga Lebih Mahal

Harga Toyota Kijang Innova Zenix jauh lebih mahal dibanding harga varian sebelumnya. Cek saja Innova Reborn versi bensin yang dijual paling murah Rp 369,6 juta (OTR Jakarta). Kini Innova Zenix bensin mulai Rp 419 juta (OTR Jakarta).

Lalu untuk Toyota Kijang Innova Reborn Diesel termurah Rp 397,1 juta (OTR Jakarta). Sekarang penggantinya adalah Innova Zenix Hybrid yang dijual mulai Rp 458 juta (OTR Jakarta).

  1. Pengaturan Jok masih Manual

Dengan harga yang mahal, masih ada saja kekurangan Toyota Innova Zenix dari sisi fitur. Salah satunya pengaturan jok depan masih manual atau belom elektrik, bahkan untuk varian Innova Zenix Q Hybrid atau varian tertinggi.

Padahal sepantasnya menurut kami, mobil dengan harga Rp 600 jutaan, sudah pakai fitur jok elektrik di baris depan.

Apalagi model lamanya atau Kijang Gen-6 tepatnya Innova Venturer sudah mengaplikasikan jok elektrik untuk pengemudi. Tentu saja, pengurangan fitur tersebut jadi kekurangan untuk Innova Zenix.

Ditamabah lagi, kompetitor yaitu Wuling Almaz Hybrid yang punya harga lebih murah, sudah menggunakan jok elektrik di bangku baris pertamanya.

  1. Hanya Tersedia Transmisi Matic

Kekurangan Toyota Innova Zenix berikutnya adalah tidak memiliki transmisi manual sebagai pilihan untuk konsumen. Padahal di Toyota Innova lawas yaitu versi Reborn, transmisi MT ada hampir pada semua varian.

KUMPULAN MOBIL BEKAS LAINNYA:

Ikuti berita Mobilman paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

IIMS 2023 IIMS 2023

IIMS 2023 Digelar, Targetkan Transaksi Rp3,8 Triliun

Event

perodua axia perodua axia

Perodua Axia Meluncur, Bakal Mirip Ayla Indo?

Mobil Baru

daihatsu ayla turbo daihatsu ayla turbo

Daihatsu Ayla Turbo akan Dijual Resmi di Indonesia?

Mobil Baru

subsidi kendaraan listrik subsidi kendaraan listrik

Subsidi Kendaraan Listrik Sudah Fix! Begini Kata Pemerintah

Regulasi

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru