Connect with us

Subscribe

F1

F1 GP British: Kemenangan Pertama Untuk Sainz!

Carlos Sainz berhasil meraih kemenangan pertamanya di GP British 2022. Sedangkan Max Verstappen finish di posisi 7.

Source : Twitter / Formula 1 @F1

Balapan Selanjutnya: GP Austria 8-10 Juli 2022

Mobilman – British Grand Prix yang digelar di sirkuit Silverstone kemarin (03/07/2022) akan menjadi balapan yang tidak terlupakan bagi Carlos Sainz. Untuk pertama kalinya, Sainz berhasil naik ke podium satu.

Urutan 10 besar diisi oleh Carlos Sainz di P1, Max Verstappen di P2, Charles Leclerc di P3, Sergio Perez di P4, Lewis Hamilton di P5, Lando Norris di P6, Fernando Alonso di P7, George Russell di P8, Zhou Guanyu di P9, dan Nicholas Latifi di P10.

Saat balapan dimulai, Verstappen secara cepat menggeser Sainz turun ke posisi dua, diikuti oleh Hamilton, Leclerc, Perez, Norris, dan Alonso.

Baru memasuki tikungan ke-1, terjadi crash yang cukup mengerikan dan melibatkan lima pembalap sekaligus, red flag dikibarkan.

Yang paling terdampak adalah rookie Zhou Guanyu. Mobil Alfa Romeo milik Zhou sampai terbalik dan terseret hingga melewati barrier.

Crash berawal dari bagian belakang mobil Russell yang terkena contact dari Gasly, membuat Russell kehilangan kendali dan menyenggol bagian belakang Zhou dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Pembalap lain yang mengalami insiden adalah George Russell (Mercedes), Alex Albon (Williams), Esteban Ocon (Alpine), dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri).

Albon dan Zhou pun dibawa ke medical center untuk mendapatkan pemeriksaan.

Memasuki lap ke-2, para pembalap diberi instruksi untuk masuk ke pit. Lalu balapan kembali dimulai pada lap ke-3.

Posisi grid sebenarnya tidak berubah, namun karena ada beberapa pembalap yang out, maka posisi sedikit berbeda. Nicholas Latifi yang sebelumnya berada di P10, naik ke P8 akibat keluarnya Russell dan Zhou.

Lalu di belakang Latifi ada Pierre Gasly, Vallteri Bottas, Yuki Tsunoda, Daniel Ricciardo, Esteban Ocon, Kevin Magnussen, Sebastian Vettel, Mick Schumacher, dan Lance Stroll.

Saat balapan kembali dimulai, giliran Carlos Sainz yang langsung tancap gas memimpin balap, namun ditempel ketat oleh Verstappen dan Perez.

Baca Juga:

Sementara itu, rekan setim Sainz yaitu Charles Leclerc juga bersaing ketat dua pembalap tuan rumah, Hamilton dan Norris untuk bisa naik ke P4.

Leclerc melakukan overtake dan berhasil menggeser Perez dari P3. Namun sayang, terjadi sedikit contact dengan Perez sehingga menyebabkan kerusakan kecil di front wing sebelah kiri mobil Leclerc.

Tidak berselang lama, front wing Perez juga mengalami kerusakan karena mengalami kontak dengan bagian belakang F1-75 milik Leclerc. Kerusakan tersebut sedikit lebih parah dibandingkan dengan Leclerc.

Akibatnya, laju Perez sedikit melamban dan masuk ke pit stop saat balap memasuki lap ke-6. Posisi Perez pun turun jauh, ke posisi 16.

Saat balapan sudah memasuki lap ke-10, urutan lima besar tidak mengalami ubahan. Balapan masih dipimpin oleh Sainz, lalu diikuti oleh Verstappen, Leclerc, Hamilton, dan Norris.

Posisi berubah saat memasuki tikungan ke-14, Verstappen berhasil menggeser Sainz yang mengalami oversteer di Chapel.

Tidak tanggung-tanggung, Verstappen, dan power unit RBPT yang superior langsung melesat dan memberikan gap waktu sekitar satu detik dari Sainz.

Saat balapan memasuki lap ke-12, tiba-tiba laju Verstappen melambat. Momen tersebut tentu saja dimanfaatkan oleh duo Ferrari yang secara konsisten menempel Super Max.

Sainz, yang berada di P2 langsung melakukan overtake diikuti oleh Leclerc.

“Terus periksa mobilnya. Ban sudah tidak baik. Sepertinya saya mengalami puncture (kerusakan ban),” ujar Verstappen kepada kru Red Bull sambil mengarahkan mobilnya untuk masuk ke pit.

Posisi lima besar kini berubah, Sainz dan Leclerc di P1 dan P2, lalu Hamilton naik ke P3, dikuti oleh Norris di P4 dan Alonso di P5.

Verstappen menghuni posisi enam saat kembali ke trek. Walau sudah kembali ke trek, Verstappen masih melaporkan ada yang tidak beres di mobilnya.

“Oke Max kami bisa konfirmasi bahwa bodywork mengalamai kerusakan namun tidak begitu fatal. Anda tetap bisa melanjutkan balapan dan ada pengurangan performance,” ujar kru Red Bull.

Sementara Max mengalami pengurangan performa, duo Ferrari terlihat kompak mengisi barisan depan.

Setidaknya hingga lap ke-20, saat Leclerc naik ke P1 dan Saiz melakukan pit stop untuk mendapatkan ban berkompon hard. Posisi tiga teratas kini diisi oleh Leclerc, Hamilton, dan Sainz.

Hamilton, yang bermain di tanah kelahirannya, berhasil membuat Silverstone bersorak karena naik ke P1 menggeser Leclerc yang masuk ke pit saat balapan memasuki lap ke-25.

Di lap yang sama, Verstappen kembali masuk ke pit untuk mendapatkan ban berkompon hard. Setelah kembali ke trek, posisi Verstappen turun, membuat pembalap asal Belanda tersebut berada di P8.

Lewis Hamilton masih memimpin balap hingga masuk ke lap ke -31. Satu lap setelahnya, giliran Leclerc merebut P1 setelah Hamilton masuk pit untuk mendapatkan ban berkompon Hard.

Saat balapan memasuki lap ke-40, Alpine A552 yang dipiloti oleh Esteban Ocon secara tiba-tiba hilang tenaga dan berhenti di sisi trek. Safety car pun diturunkan.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Sainz dan Hamilton untuk mengganti ban berkompon Hard dengan kompon Soft.

Balapan kembali dimulai di lap ke-43. Urutan pembalap saat itu dipimpin oleh Leclerc, diikuti oleh Sainz, Hamilton Perez dan Alonso.

Di belakang Alonso ada Norris, Vettel, Magnussen, Verstappen, Schumacher, Latifi, Stroll, Ricciardo, dan Tsunoda di posisi akhir.

Persaingan malah terjadi antara Sainz dan Leclerc.

Leclerc yang berada di P1 terpaksa harus keluar trek saat disalip oleh Carlos Sainz.

Leclerc yang mengalami kerusakan di bagian front wing tidak memiliki kecepatan yang cukup untuk mengejar Sainz.

Saat balapan memasuki lap ke-45, Carlos Sainz sudah begitu nyaman di P1 dengan mencetak gap waktu dari Leclerc hingga 3 detik.

Namun gap waktu antara Leclerc dan Perez hanya berbeda 0,11 detik.

Selisih waktu antara Leclerc dengan pembalap lain yaitu Hamilton, Alonso, dan Norris yang mengekor dibelakangnya juga berbeda sedikit.

Persaingan yang sangat ketat terjadi di tikungan ke-17.

Tidak tanggung-tanggung, empat pembalap sekaligus dengan gap waktu yang tipis bersaing untuk bisa menghuni posisi 2. Namun yang paling menarik tentu datang dari persaingan seru antara Leclerc, Perez, dan Hamilton.

Perlu diingat kembali, Leclerc mengalami kerusakan di bagian front wing, namun masih bisa bersaing ketat dengan Perez dan Hamilton.

Perez terus menempel Leclerc hingga harus keluar trek. Momen tersebut justru dinikmati oleh Hamilton, karena tercipta ruang yang cukup besar untuk melakukan overtake dua pembalap sekaligus.

Namun Leclerc dan tiga pembalap dibelakangnya tidak menyerah dengan terus menempel Hamilton.

Penghuni posisi ketiga terus berganti, dari Leclerc, Perez, dan Hamilton.

 Saat balapan memasuki lap ke-46, tepatnya di tikungan ke-4, Perez, Hamilton, Leclerc, Alonso, dan Norris memiliki jarak yang cukup dekat. Persaingan untuk P2 terus memanas.

Sergio Perez berhasil sedikit menjauh, meninggalkan Leclerc, Hamilton, Alonso, dan Norris. Di tikungan ke-8, Hamilton nyaris merebut P3 dari Leclerc, dan Alonso pun nyaris merebut P4 dari Hamilton.

 Persaingan Leclerc dan Hamilton terus berlangsung hingga lap ke-48. Namun di tikungan ke-15, Hamilton berhasil naik ke P3.

Di lap terakhir atau ke-52, posisi lima besar diisi oleh Sainz, Perez, Hamilton, Leclerc, dan Alonso. Di posisi 7 terdapat Verstappen yang mengalami perlawanan ketat dari Schumacher. Namun Verstappen berhasil bertahan dan finish di posisi 7.

Schumacher dan Magnussen, yang finisih di posisi 8 dan 10 memberikan double poin pertama untuk Haas.

Berikut ini posisi terakhir GP British 2022:

1. Carlos Sainz – Ferrari

2. Sergio Perez – Red Bull

3. Lewis Hamilton – Mercedes

4. Charles Leclerc – Ferrari

5. Fernando Alonso – Alpine

6. Lando Norris – McLaren

7. Max Verstappen – Red Bull

8. Mick Schumacher – Haas

9. Sebastian Vettel – Aston Martin

10. Kevin Magnussen – Haas

11. Lance Stroll – Aston Martin

12. Nicholas Latifi – Williams

13. Daniel Ricciardo – McLaren

14. Yuki Tsunoda – AlphaTauri

Dengan hasil tersebut, klasemen 2022 Driver Standings tidak berubah signifikan. Berikut ini lima besar 2022 Driver Standings:

1. Max Verstappen / Red Bull – 181 poin

2. Sergio Perez / Red Bull – 147 poin

3. Charles Leclerc / Ferrari – 138 poin

4. Carlos Sainz / Ferrari – 127 poin

5. George Russell / Mercedes – 111 poin

Dan berikut ini klasemen 2022 Constructor Standing:

1. Red Bull Racing RBPT – 328 poin

2. Ferrari – 265 poin

3. Mercedes – 204 poin

4. McLaren Mercedes – 73 poin

5. Alpine Renault – 67 poin

6. Alfa Romeo Ferrari – 51 poin

7. AlphaTauri RBPT – 27 poin

8. HAAS Ferrari – 20 poin

9. Aton Martin Aramco Mercedes – 18 poin

10. Williams Mercedes – 3 poin

Baca Juga:

Written By

Penulis artikel asal Jakarta. Menyukai dunia menulis dan mobil sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Trending

Max verstappen Max verstappen

Max Verstappen Juara Dunia, Tapi Beri Sinyal Pensiun?

F1

Dari Holden Torana ke BYD E6, Ini Sejarah Taksi Blue Bird

Berita

Ini Daftar Harga Mobil LCGC pada Agustus 2022

Mobil Baru

260 Jutaan Bisa Beli Stargazer, Ini Kelengkapannya

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru