Connect with us

Subscribe

F1

F1-75, Jet Darat Ferrari Yang Agresif dan Elegan

Ferrari meluncurkan jet darat terbarunya untuk bersaing di ajang Formula 1 musim 2022 yang lebih ketat dengan regulasi baru dari FIA.

Twitter / ScuderiaFerrari

Mobilman – Scuderia Ferrari menjadi tim F1 ketujuh yang memperkenalkan mobil F1 untuk musim 2022 yang bernama F1-75.

Tim yang berasal dari Maranello, Itali ini melakukan launching F1-75 melalui laman YouTube resmi Ferrari.

Video dimulai dengan sambutan Team Principal Ferrari, Mattia Binotto yang mengatakan bahwa F1-75 merupakan produk dari kerja keras tim.

“Ini adalah hari yang penting bagi kami saat kami meluncurkan mobil kami, Ferrari F1-75. Saya akui secara pribadi, saya senang dengan hal itu, karena mobil ini adalah produk dari usaha, dedikasi, dan semangat setiap orang,” ujar Binotto.

Baca juga:

“Ini berkat kerja sekelompok orang yang menginvestasikan segalanya di mobil ini. Bekerja dengan keberanian, kreativitas, dan semangat tim.

Kami mengatasi tantangan proyek ini (F1-75) dengan pendekatan inovatif, terlepas dari persayaratan teknis yang baru, kami percaya bahwa kami harus melakukan tugas ini dengan pikiran terbuka,” jelasnya.

Livery yang terpasang pada F1-75 mengingatkan para fans dengan mobil F1 Ferrari yang digunakan pada musim 1990, yaiut Ferrari F1-90.

Anggapan tersebut muncul karena penggunaan warna hitam pada bagian rear wing dan front wing, paduan warna yang sama dengan mobil yang saat itu dipiloti oleh Prost dan Mansell.

Warna hitam juga diaplikasikan di bagian Halo dan nomor mobil yang terletak di bagian hidung.

Jika diperhatikan, warna merah yang digunakan terlihat sedikit lebih gelap, warna kebesaran Ferrari.

Livery ini juga menjadi lembaran baru Ferrari yang tampil tanpa logo Phillip Morris atau Mission Winnow.

Karena seperti yang diketahui, Ferrari menyudahi kerja sama dengan Marlboro setelah berdampingan hampir 30 tahun.

Ferrari juga menyematkan angka ‘75’ yang dilengkapi dengan aksen hitam serta bendera Itali di bagian air box, merayakan 75 tahun Ferrari eksis di dunia otomotif.

F1-75

Mengambil langkah yang sama dengan Aston Martin dan McLaren, Ferrari tidak tanggung-tanggung dalam memamerkan jet darat mereka.

Ferrari tidak sekedar pamer livery saja, namun langsung memperlihatkan bagaimana bentuk asli mobil terbaru mereka.

Dari bagian depan, terlihat bahwa Ferrari mengandalkan suspensi pushrod.

Yang paling unik tentu saja terletak di sidepod.

Kombinasi antara ‘insang’ dan lekukan massif di bagian tersebut tentu akan menambah downforce secara signifikan, karena akan mengalirkan angina ke bagian beam wing.

Lekukan tersebut memang terlihat unik, bahkan di media sosial terdapat beberapa netizen yang menyebutnya dengan ‘bathtub’.

Ferrari F1-75 menjadi harapan Ferrari dan dua pembalapnya yaitu Carlos Sainz Jr dan Charles Leclerc untuk dapat bersaing secara ketat di musim 2022.

Pada musim 2021 lalu, bersama Sainz dan Leclerc Ferrari berhasil finish di posisi tiga klasemen konstruktor setelah bersaing ketat dengan McLaren.

Sainz dan Leclerc juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih pole positioin dan podium di beberapa grand prix.

“Saya lebih dari siap untuk season ini. 2021 menjadi tahun yang hebat untuk Saya karena berhasil mempelajari bagaimana tim bekerja dari dalam dan dari luar, untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dan tentu saja mempelajari mengenai brand Ferrari dan bagaimana semua bekerja di sini, itu semua adalah pengalaman yang hebat,” ujar Sainz.

“Saya sangat, sangat menyukainya (F1-75). Saya pikir saya akan lebih menyukainya jika cepat di track tapi saya sangat menyukai tampilannya,” ujar Leclerc.

“Saya pikir itu sangat cocok. Warna merah yang sedikit gelap. Itu terlihat lebih agresif tapi untuk mobil seperti ini, saya pikir itu sangat cocok,” tambahnya.

Akankah F1-75 akan terus membawa Ferrari bersaing dengan rival abadinya, McLaren?

Atau bahkan mampu kembali bersaing ketat dengan Mercedes-Benz dan Red Bull? Menarik untuk ditunggu season 2022 yang akan dimulai pada tanggal 20 Maret nanti di GP Bahrain.

Written By

Penulis artikel asal Jakarta. Menyukai dunia menulis dan mobil sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

Trending

Dari Holden Torana ke BYD E6, Ini Sejarah Taksi Blue Bird

Berita

Ini Daftar Harga Mobil LCGC pada Agustus 2022

Mobil Baru

260 Jutaan Bisa Beli Stargazer, Ini Kelengkapannya

Mobil Baru

Wuling Xing Chi Kedapatan Tes Jalan di Indonesia, Masuk Pakai Nama Alvez

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru