Connect with us

Subscribe

Mobil Baru

All New Agya Harganya Lebih Mahal, Ini Alasannya

Toyota All New Agya telah mengalami beberapa perubahan dari generasi sebelumnya, salah satunya penggunaan platform baru TNGA.

new agya
Toyota All New Agya GR Sport di GJAW 2023. (FOTO: Danang)

Mobilman.id – Toyota resmi mengumumkan harga All New Agya 2023 yang kini tersedia mulai Rp167,9 juta hingga Rp191,4 juta untuk varian standar. Sedangkan versi GR Sport dipasarkan Rp237,5 juta hingga Rp256 juta.

Harganya naik dari sebelumnya yang semua varian LCGC dibanderol Rp159,7 juta menjadi Rp181,5 juta.

“Hari ini Agya sudah resmi kami luncurkan di seluruh jaringan penjualan Toyota di Indonesia,” kata Anton Jimmy, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Pengenalan Agya terbaru sudah dilakukan sejak Februari 2023. Berbeda dengan generasi lama, Agya baru hadir dalam dua versi: standar (LCGC) dan non-LCGC (GR Sport).

Mobil ini telah mengalami beberapa perubahan dari generasi sebelumnya, salah satunya penggunaan platform baru. Lebih lanjut, Agya 2023 telah dilengkapi dengan platform baru yang diklaim dapat mempengaruhi kemampuan kendaraan seperti handling dan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:

New Toyota Agya dibekali mesin WA-VE 1.200 cc 3 silinder VVT-i. Toyota mengklaim mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 86 tenaga kuda dengan torsi puncak 113 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT.

new agya
Toyota All New Agya G

Apalagi Agya LCGC 2023 juga dikemas dengan berbagai fitur, antara lain Pre-Collision Control, Lane Departure Warning, dan Blind Spot Monitoring.

Daftar harga All New Agya 2023:

Kategori LCGC

Agya 1.2 E MT Rp167,9 juta.
Agya 1.2 G MT Rp175,4 juta.
Agya 1.2 G CVT Rp191,4 juta.

GR Sport (tidak masuk LCGC)

Agya 1.2 GR Sport MT one tone Rp237,5 juta.
Agya 1.2 GR Sport CVT one tone Rp253,5 juta.
Agya 1.2 GR Sport MT two tone Rp240 juta.
Agya 1.2 GR Sport CVT two tone Rp256 juta.

Harga New Agya Naik Karena Inflasi

Seperti diketahui, ada penyesuaian harga sebesar 5 persen terhadap model LCGC yang dijual. Kenaikan ini diterapkan pada harga referensi sebagai respons terhadap kenaikan harga bahan baku, produksi, dan inflasi.

“Sudah ada kenaikan dan sudah disesuaikan, dan saya juga sudah lapor ke Pak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto) harganya masih bersaing. Harganya mulai dari Rp 160 jutaan, jadi tidak seperti rumor di luar. itu Rp 200 juta,” kata Anton.

Perlu diketahui, All New Agya kini terbagi menjadi lima varian, dengan tiga varian LCGC dan dua varian city car, semuanya ditenagai mesin 1.200 cc. Anton mengatakan, persentase kenaikan tiap varian bisa berbeda.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:

Namun dengan berbagai penyempurnaan pada model baru ini, nilai yang diberikan jauh melebihi kenaikan harga.

“Jadi begini yang dikoreksi sama pemerintah adalah batas atas celling price,” ujar Anton.

“Jadi dengan ada produk baru ini dengan banyak perubahan mulai dari platfrom, mesin dan transmisi sebenarnya kita menaikkan harga ini masih di bawah batas atas,” kata Anton.

“Jadi kami menghargai pemerintah memberikan keleluasaan menaikkan harga tapi tidak serta merta kita menaikkan harga sekadar mencari untung. Tapi melihat dari sisi kebutuhan pasar dan konsumen Indonesia juga,” pungkasnya.

Spesifikasi All New Agya

Sedikit membahas spesifikasi singkatnya. Agya dan Agya GR Sport menggunakan platform baru menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dimensinya lebih besar dengan panjang wheelbase 2.525 mm (+70 mm), total panjang 3.760 mm, dan tinggi 1.505 mm (-15 mm) dibandingkan model sebelumnya.

Alhasil, mobil ini diklaim 15 persen lebih stabil, dengan peningkatan sudut body roll 30 persen, respon kemudi 50 persen, dan sudut kemudi 45 persen berkurang.

Platform baru menyediakan ruang untuk penggunaan mesin baru. Agya dan Agya GR Sport mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-i dengan tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

BACA JUGA:

Pengembangan ini meningkatkan putaran mesin rendah dan memberikan kelincahan daya yang lebih baik. Namun tetap hemat bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar rata-rata di atas 21 km per liter.

City Car entry-level Toyota ini juga mengadopsi transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio, mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linier.

Selain itu, transmisi CVT dilengkapi dengan teknologi Active D Control yang bekerja lebih senyap dalam kondisi normal, menjaga efisiensi bahan bakar namun tetap memberikan akselerasi instan.

Ikuti berita otomotif dari Mobilman.id yang paling aktual di Google News

Written By

Pecinta otomotif dan penggemar teknologi yang mengabdikan diri untuk Mobilman.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

asean ncap asean ncap

15 Mobil Ini Raih 5 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP

Regulasi

gaikindo jakarta auto week gaikindo jakarta auto week

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 Ditutup, Ini Mobil Terfavoritnya

Event

toyota rav4 toyota rav4

Toyota RAV4 PHEV Bakal Dijual, Ini Prediksi Harganya

Mobil Baru

subaru crosstrek subaru crosstrek

Subaru Crosstrek Dijual di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023

Mobil Baru

Advertisement
Connect
Terima Berita Terbaru